Senin, 29 September 2014

Cerita Bijak (1) : Kupu-Kupu dan Anak Kecil







Pada suatu hari seorang anak kecil melihat kupu-kupu kecil mecoba melepaskan diri dari  kepompong . Anakku  melihat  kejadian unik itu dengan antusias, namun karena ketidaksabarannya Ia pun mencoba membantu kupu-kupu kecil itu untuk melepaskan diri dari kepompong yang menghimpitnya.

Ia berteriak kegirangan ketika sikupu-kupu kecil berhasil keluar. Namun Apa yang terjadi selanjutnya.... Ternyata kupu-kupu itu tak bisa terbang dan bergerak dan akhirnya mati.

Sahabat sekalian...,

Saling membantu satu sama lain adalah sesuatu yang baik, karena kita memang tidak bisa hidup seorang diri, adakalanya kita memang harus membantu dan dibantu oleh orang lain dalam mengatasi segala permasalahan hidup.

Namun tidak semua permasalahan yang kita alami selalu saja bergantung dengan orang lain, apabila itu menyangkut hidup dan masa depan kita.

Layaknya kupu-kupu kecil, ketika seharusnya ia berjuang sendiri memecahkan kepompong dengan kedua sayapnya, sebenarnya ia sedang berjuang untuk melatih kekuatan sayapnya untuk bisa terbang. Namun karena ketidaktahuaan anak kecil, ia akhirnya harus mati karena sayapnya tak terlatih membangun kekuatan untuk hidupnya.

Oleh sebab itu belajarlah dari kupu-kupu kecil :
berjuanglah menyelesaikan segala kesulitan hidup dengan kekuatanmu sendiri, jangan mengandalkan orang lain, karena tak selamanya kita hidup dengan orang-orang yang kita cintai yang selalu menolong kita

Dan belajarlah melalui pengalaman anak kecil : setiap perbuatan baik tidak selalu berbuah yang baik, dibalik maksud baik kita justru bisa jadi bumerang yang mencelakan orang lain yang selalu kita bantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar